0

Senin,... mari mulai bermain dengan emas dan berlian lagi....


Hallooo.....
Selamat Senin...
Kerja lagiii..hhaaaggzzz.. muaalllaasss......
Tp ga papa.....besok aku cuti buat pulang ke lampung ini. Hoorrraaaayyy *jogetjogetdikantor*
Pengen cerita tentang aku dan pekerjaan aku, yang ujung-ujungnya Cuma pengen narsis sendiri aja sebenernya, menyenangkan hati dan bersyukur untuk pekerjaan aku di perusahaan yang usianya dah tua ini.
Aku kerja di perusahaan yang identik dengan warna hijau dan Om deddy Mizwar sebagai brand ambasaddornya kali ini. Banyak hal yang unik’ dengan kantor aku ini. Entah itu unik’ dalam konotasi baik ayau pun buruk siy...tapi aku mau cerita yang unik-baiknya aja...
Kenapa aku bilang unik?
*      Karena di perusahaan ini aku menemukan pekerjaan yang tak pernah aku bayangkan sebelumnya. Mau tau apa pekerjaannya??? MENAKSIR. Dan barang yang ditaksir juga menyenangkan untuk kaum hawa seperti aku J karena 90% yang aku taksir adalah EMAS dan BERLIAN alias perhiasan. Wahaahaha...semua orang juga tau kalo cewek doyan banget dengan 1 item ini. Karena bekerja di perusahaan ini, aku jadi tau gimana menilai emas yang bagus, berlian yang bagus, dan gimana nentuin harganya. Yuhhhuuuu,,, yang besok jadi pacar aku jangan sembarangan yah kalo kasih perhiasan buat aku, karen aku tau persis gimana kualitas berlian di cincin yang kamu kasih buat aku,,,,wkwkwkw,,,(kaya ada yang mau kasih cincin berlian aja...
*      Alat kerja aku unik!!! Kalo orang kantoran biasanya kan alat kerjanya mulai dari alat tulis, komputer, kertas, dan alat kantor lain lah...nah..klo aku beda,,,, alat kerja aku adalah....
air uji emas.
-          Air uji emas. Air ini kerasnya naudzubillah, semua logam yang di taro deket air uji ini semua jadi karatan. Dan kalo kena kulit,,bisa langsung melepuh gatel-gatel gitu. Air uji ini campuran dari asam nitrat n asam klorida. Bisa dibayangkan yah gimana nyengatnya aroma air uji ini :’(
-          Jarum uji emas...ahaha...bagaimana interpretasi anda dengan alat yang satu ini? Bentuknya siy kaya batangan biasa gitu...nah, bagian ujungnya ada sample emas dengan karatase yang beda-beda. Fungsinya untuk alat perbandingan dengan emas yang asli.

jarum uji emas yang kena karat air uji

-          Loupe. Iya...lup kalo ga tau lup, bahasa awamnya kaca pembesar. Pasti bingung deh buata apa kerjaan aku pake kaca pembesar, kaya ilmuwan yang di laboratorium aja yah...ahaha.. beda donk!! Loupe yang aku pake disini, buat mengeker berlian. Karena berlian itu kan kecil banget, jadi untuk ngeliat bentuk cuttingannya butuh loupe juga.
metmess untuk ngukur berlian
loupe dengan perbesaran 10x. mari keker berlian
-          Metmess. Ahahaha...yang ini lebih aneh lagi kan namanya. Bentuknya semacem pisau lipat yang ga tajem dan ada lubang-lubang dengan ukuran yang berbeda di tiap bilahnya. Fungsinya untuk ngukur berlian. (next time kalo ga males, aku akan bikin postingan tentang cara menaksir berlian deh, biar ga pada penasaran)

diamond selector.
-          Diamond selector. Nah dari namanya aja udah tau yah ini buat apa. Ini untuk menguji apakah batu yang ada di cincin berlian atau bukan. Prinsip kerjanya dari kemampuan hantar panas suatu batuan. Karena berlian ada skala sendiri gitu deh, di bagian salah satu sisnya ada lampu indikatornya. Tinggal tempelin aja deh ke batu yang mau di tes, nanti lampu indikatornya akan nyala.
-          Batu uji. Bentuknya berupa batu alam hitam dengan permukaan yang rata. Fungsinya untuk mengambil sample emas dari perhiasan. Tapi tenang aja, emas-emas yang di gores diatas batu ini ga bakal berkurang kadar atau beratnya kok...

Masih banyak alat menaksir lainnya, tapi ga mungkin aku fotoin dan jelasin satu-satu lah ya... iyu aja yang pasti aku pake sehari-hari.

*      Keunikan selanjutnya... perusahaan ini sangat membutuhkan karyawan dengan dedikasi setinggi langit. Karena,, kami kerja dari senin- sabtu. Hoooaaahhmm...jadi yang pengen punya pacar yang menuntut waktu pacaran di hari sabtu, silakan gigit jari aja deh...ahahaha... (mungkin ini bukan unik yah...lebih tepat kalo disebut protes halus dari aku untuk jam kerja yang sampe 6 hari L )
*      Neeexxttt...perusahaan aku ini, punya Unit cabang banyaaaakk banget. Sampe nasabah yang nanya, “mba...ini frechise yah?kaya indomaret. Dimana-mana ada. Saya mau donk mba info frenchisenya hwaaaa... tragis!! Perusahaan milik pemerintah alias BUMN ini dikira frenchise kaya waralaba toko serna ada yang di tiap RT ada... ahahah...
*      Unik yang lain, hampir semua pegawainya, maksudnya yang berjudul’ penaksir macam aku ini berstatus MANAGER. Kalo di bank-bank, jabatan sebagai Manager Unit Cabang mungkin udah cukup bergengsi yah. Tapi kalo diperusahaan aku, menjabat sebagai Manager Unit cabang mah udah biasa. Aku aja yang baru 4 tahun kerja udah ada di posisi itu J. Tapiiiiii...
Kalo di bank kan yang namanya Manager Unit Cabang mungkin membawahi bebrapa karyawan atau bagian gitu yah, kalo di perusahaan aku, seorang Manager Unit Cabang hanya punya dua sampai 3 karyawan yaitu teller, dan skurity yang merangkap OB...ahahah.. (setidaknya menurut aku, struktur unit cabang yang begitu cukup unik)
Udah ah...dah mulai males ngetiknya. Ya kira-kira,, itulah sekelumit tentang kerjaan aku. Di posting selanjutnya ntarcaku ceritain lagi beberapa suka duka aku di perusahaan ini
Bubbyyyeee... aku lanjut kerja lagi yah.... (sssstt,,,aku tulis postingan ini di kantor loh,,pas jam kerja!!!! Maaf yah bapak-bapak direksiii... :P )
Semangat senin dengan seragam UNGU!!! mengatasi masalah tanpa masalah :)

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top