0

proud to be 'ulun lampung'.... #1

ini dia, kain tapis kebanggan orang lampung.tenun ikat dengan benang emas


Belakangan ini aku lagi sedikit tertarik untuk jadi designer. Ya emang siy, aku termasuk orang yang banyak maunya. Pengen jago masak kaya farah quin lah, pengen punya bisnis kuliner sendiri lah, pengen bisa nyanyi lah..pengen bisa main alat musik llah...etc..bla...bla..bla...
Yuppzzz... aku memang cewek tanpa bakat dengan sejuta minat...wakakaka.. tapi gapapa lah daripada ga sama sekali, udah bakat ga punya, minat untuk mengembangkan diri juga ga ada :P
Back to the topic, aku pengen jadi designer. Dan nextnya aku pengen punya clothing line sendiri. Hweeehhee,,,muluk-muluk yah mau aku
Belakangan aku lagi suka banget sama baju-baju kerja, ga tau siy, Cuma karena ngerasa pas aja sama aku. Ahahah...narsis dikit lah ya. Soalnya temen-temen banyak yang blang aku cocok pake baju-baju kerja gitu. Makanya kemaren aku sama nana sempet kepikiran untuk iseng-iseng bikin design baju kerja sendiri trus kita jait n kita pake foto narsis-narsisan deh. Siapa tau yang ngeliat foto-foto itu nantinya ada yang suka design kami. Itung-itung latian buat punya clothing line khusus baju kerja sendiri gituu...
Tapi selain tertarik sama baju-baju kerja, aku juga lagi sangat sangat sangat tertarik banget  sama kebaya dan kain tapis atau songket. Kenapa? Karena 3 item itu menurut aku cukup seru untuk di eksplore. Next time akau akan upload beberapa kebaya n padu padannya dengan tapis yang aku punya.
Tapi di postingan kali ini, aku mau pamer tentang tapis dulu deh. Karena aku bingung, kenapa kain tapis khas lampung ini ga seterkenal batik dari jawa, ulos, atau kain tenun lain. Padahal menurut aku, dari design, corak dan bahan pembuatannya itu ga kalah mewah dan menarik loh dibanding kain daerah lain. Tergolong lebih mewah malah.
Ni beberapa aku pamerin contoh motif tapis yang ada yah. Di posting selanjutnya, aku akan pamerin beberapa padu padan kain tapis dengan kebaya-kebaya modern.

motif ini hampir mirip dengan yang ibuku punya di rumah..benang emasnya full motif, elegant banget!!

motif tapis biasanya berbeda untuk setiap adat. dan beberapa ada yang di modifikasi. nah..kalo yang ini bercorak flora.

kalo ini aku bilang motif klasik yah.motif khasnya lampung. keren banget kalo di padu sama baju kebaya!!

Nah tuw sebagian motif tapis yang nongol di mbah gugel... besok aku au postingin yang koleksi ibuku di rumah. Kebetulan besok aku mau cuti...yeyeyyee....
Dan terakhir, ini dia....aku mau pamer hasil padu padan tapis yang aku realisasikan buat acara perpisahan adekku shela. Tapis dengan sulaman benang emas full, di padu dengan baju kebaya simple modern warna kuning berbahan santung dan kombinasi songket hitam di bagian lengan n kerahnya. Tapi adekku cukup kreatif siy...jadi di tambah obi pita besar di bagian belakangnya dengan warna warni kontras biar kliatan lebih hidup tapi tetap senada. Jadinya lucu...kebaya tapi agak semi-semi model jepang gitu. Dan adekku jadi best kostum loh... J siapa dulu donk penata gayanya,,,,

adekku shela dengan tapis n kebaya hasil arahan aku....sayang aksen pita besar dibagian belakang ga keliatan

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top